Tenda Membrane yang unik dengan desain tidak terbatas

Tenda Membrane sebenarnya adalah salah satu model dari Tensile Architecture. Kalau Anda pernah melihat tenda yang dipasang di beberapa area publik dengan struktur yang inovatif dan modern dan jauh dari kesan bangunan semi permanen maupun bangunan yang belum selesai, maka Anda sedang melihat hasil dari salah satu jenis Tensile Architecture.Tensile Architecture atau Arsitektur Tensile adalah sistem struktural yang didominasi penggunaan ketegangan dan bukannya kompresi (tekanan tinggi) yang umumnya digunakan pada bangunan.

Tenda Membrane Tanggerang Tenda Membrane Tanggerang_1 Tenda Membrane Tensile Membrane (2) Tensile Membrane Tensile Membrane_1 Tensile Membrane_1a Tensile Membrane_1b Tensile Membrane_1g

Jadi ini merupakan sebuah struktur yang ditandai dengan ketegangan dari kain atau sistem material lentur (biasanya dengan menggunakan kawat atau kabel) untuk memberikan dukungan struktural  penting pada bangunan.  Setidaknya ada tiga elemen khas dari struktur ini, yaitu
Tiang atau tiang tetap atau kumpulan tiang untuk menyokong.

  1. Kabel suspensi, ide yang dibawa ke Amerika oleh John Roebling.
  2. Membran, kain (misalnya, ETFE) atau kabel jaring

Jenis umum Arsitektur Tensile
Seperti sudah disebutkan di awal tentang Tenda Membrane, berikut ini adalah dua jenis dari Arsitektur Tensile yang umum ditemui.

  1. Model balon, di mana udara dari dalam menciptakan ketegangan pada dinding membran dan atap.
  2. Model tenda, di mana kabel yang terpasang pada sisi-sisinya  akan menciptakan ketegangan yang kemudian menarik dinding membran dan atap, kira-kira cara kerja mirip seperti payung.

Penggunaan Arsitektur Tensile

Meski kanopi atau tenda lebih umum dibandingkan dengan struktur membrane, tapi penggunaannya jauh lebih luas dibandingkan kanopi biasa atau bahkan tenda promosi. Berikut ini beberapa penggunaannya.

  1. Bagian atap atau langit-langit
  2. Paviliun luar ruangan
  3. Arena olahraga
  4. Pusat kegiatan transportasi
  5. Rumah semi permanen pasca bencana

Keuntungan Arsitektur Tensile

Meski kebanyakan orang menemukan Tenda Membrane sebagai tenda untuk kepentingan komersial, tapi sebenarnya ada banyak keuntungan dan manfaat fungsional dari Arsitektur Tensile. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda harus beralih ke struktur membrane.

  1. Desain estetika yang fleksibel

Tidak seperti kebanyakan kanopi yang bentuknya standard dan membosankan. Namun dengan menggunakan struktur semacam ini memungkinkan desain yang tidak terbatas termasuk bentuk elegan tertentu yang dapat direalisasikan karena karakteristik unik yang fleksibel dari membran, sehingga struktur ikonik dan unik atau fitur dari setiap bangunan, kota atau bahkan wilayah.

  1. Tembus cahaya yang luar biasa

Pada siang hari, membran kain memberikan sebaran cayaha yang  lembut, dan secara alami menyediakan ruang untuk menghemat biaya pencahayaan dari dalam. Sementara pada malam hari, pencahayaan buatan menciptakan pendaran cahaya pada lingkungan di sekitarnya.

  1. Daya tahan yang baik

Di pasar, ada beberapa membran seperti fiberglass, PTFE, ETFE Film, PVC dan ePTFE.  Kemudian daya tahan dan umur dari struktur membran ini telah terbukti sangat baik bahkan pada bangun dengan iklim dingin dan bersalju di kutub hingga panas terik di gurun.

  1. Penghematan

Sifat ringan dari membran adalah solusi pembiayaan yang efektif terutama untuk biaya pembangunan. Sebab jika dibandingkan dengan bahan bangunan konvensional, membran hanya membutuhkan sedikit baja struktural untuk menyokong atap. Tidak hanya itu karena kebanyakan struktur membran  memiliki kemampuan untuk memantulan dan menyerap sinar matahari dengan sangat baik, maka membuat energi yang digunakan dalam bangunan jadi berkurang dan pada akhirnya lebih hemat.

  1. Pemeliharaan yang minimal

Ketegangan struktur kain yang unik ternyata membuat  perawatan menjadi minimal bahkan  jika dibandingkan dengan bangunan konvensional  dengan ukuran yang setara. Apakah Anda tertarik memasang Tenda Membrane?